Minggu, 17 Oktober 2010

Android atau iPhone ?


beberapa saat lalu google dengan berani mengklaim bahwa Android akan memiliki mobile browser tercepat di dunia, namun karena belum finalnya froyo(android) saat itu membuat kita hanya bisa menanti dengan tidak sabar. Dan tampaknya piranti lunak ini pantas untuk ditunggu.
Benchmark javascript ars technica menunjukkan tidak hanya browser froyo(android) hampir tiga kali lebih cepat daripada rekannya Éclair, tapi froyo(android) juga mengalahkan safari milik ios 4 hampir dua kali lipat. Ini berarti data statistik saja tidak selalu mencerminkan kinerja yang sesungguhnya, terutama dengan froyo(android) mendukung flash yang sangat dirindukan iphone. Situs engadget mengadakan tes untuk menguji kecepatan mobile browser froyo(android) versus safari milik iphone.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, pengguna Android kebanyakan adalah para pria. Di lain pihak, pengguna iPhone lebih banyak kaum muda.

Hal itu merupakan sedikit hasil dari survey yang diadakan AdMob dari 963 pengguna smartphone dan iPhone pada bulan Februari. AdMob merupakan perusahaan mobile advertising yang diambil alih Google pada bulan November dengan nilai US$750 juta.

AdMob menekankan 6 perbedaan iPhone OS, Google Android dan Palm.

1.Pria dan Droid
Mungkin ini adalah salah satu kecendrungan dari open source. Berdasarkan penelitian ini, 73 % pengguna Android adalah pria. Selanjutnya, para pria ternyata memilih Palm webOS sebanyak 58 %, dan memilih iPhone sebanyak 57 % dan lebih memilih iPod Touch sebanyak 54 %.

2.“Si kecil” dan iPod
iPod touch ternyata digemari oleh para siswa sekolah. Ini menjadi masuk akal mengapa produk Apple di Amerika Serikat seringkali mengadakan promo produk Mac dalam bentuk promo back-to-school. Berdasarkan penelitian ini, 78% pengguna iPod touch adalah remaja berusia kurang dari 25 tahun. Dalam rentang umur seperti itu, 25% diantaranya menggunakan iPhone dan 24% adalah remaja yang memilih Android atau sistem webOS.

3.Kuantitas unduh aplikasi
Pengguna iPod touch sangat menyukai aplikasi yang beragam pada gadget yang mereka gunakan. Mereka rata rata mengunduh 12 aplikasi setiap bulannya. Ini lebih besar 37% dari pengguna iPhone dan Android. Tidak hanya itu, pengguna iPod touch lebih banyak menghabiskan waktu dengan benda kesayangannya ini rata-rata 100 menit per hari, atau 25% lebih sering dibandingkan pengguna iPhone dan Android.

4.“Membayar” lebih banyak.
Pengguna iPhone ternyata lebih banyak menggunakan aplikasi dibandingkan yang lain. Setengah dari para narasumber dari penelitian ini sedikitnya membayar 1 aplikasi setiap bulannya. Di lain pihak, 21% adalah pengguna Android, 24% pengguna Palm webOS dan 35% adalah pengguna iPod touch.

5.Loyalitas Pengguna
Pengguna smartphone memang merasa nyaman dengan gadget yang mereka miliki, namun di lain pihak memang masih ada beberapa pengguna yang kurang loyal dengan smartphone yang digunakan. Sebanyak 91% pengguna iPhone dan 88% pengguna iPod touch akan merekomendasikan smartphone mereka. Disusul dengan loyalitas dari 84% pengguna Android dan 69% pengguna webOs

6.Kindle vs iPad
Masih dipertanyakan mengapa Steve Jobs begitu optimis dengan pasar yang disiapkan bagi iPad. Jobs memang memiliki target utama yaitu 75 juta pengguna iPhone ataupun iPod touch. Namun dalam survey dari AdMob ini, hanya 16% pengguna iPhone yang tertarik dengan iPad, selanjutnya hanya 11% bagi pengguna webOs dan hanya 6% pengguna android yang menyukainya. Jumlah ini cenderung lebih sedikit daripada penyuka Amazon Kindle.

4 komentar:

  1. waaaahhhh.. mantab niiihh.. nice inpohhh.. tq ya dahkunjung.. sukses buat anda.. :)

    BalasHapus
  2. seringsering kunjung yah bro :D

    BalasHapus
  3. wah ane sih lebih tertarik ke android gan haha

    BalasHapus
  4. wah tapi ane lebih mili iphone gan ibnunurmutmainah :D

    Klik Here

    BalasHapus

About Me

Foto saya
Saya Sekolah di SMAN 3 Tangerang Selatan yang dulunya sebelum jadi SMAN 3 Tangsel sih 1pamulang (NIPAM) hehe
ADVERTISMENT HERE 256x240